OrTu Wajib Baca! Kebanyakan Ibu Sangat Peduli Terhadap Nilai Anaknya Sejak Kecil, Namun Ibu Ini "Hanya Peduli" Pada Nilai Kuliah Anaknya Karena Alasan Mengejutkan Ini!

Malam itu Chris tidak bisa tidur setelah menjalani ujian smester pertama di SMA. Setelah hanya bolak balik selama satu jam di ranjang, Chris akhirnya pergi ke kamar mamanya.
Chris: Ma, Chris boleh masuk?
Mama: Ya masuk aja! ada apa Chris, kok tumben?
Chris: Mama puas gak sama nilai-nilai Chris di sekolah?
Mama: Kamu sendiri gimana? Puas gak?
Chris: Chris sih cukup PD ma, lumayan lah.
Mama: Terkadang kepercayaan diri itu lebih penting dari berapa nilai yang kamu dapat.
Chris: Emangnya mama gak peduli sama nilai aku?!
Mama: Gak peduli tuh, coba kamu ingat-ingat, kapan mama pernah peduli sama nilai kamu?
Chris: Waktu Chris SD, ada sekali Chris gak serius buat PR, mama langsung sobek PR Chris!
Mama: Haha…Mama peduli sama sikap belajar kamu. Kalo kamu terbiasa belajar asal-asalan, nanti kebawa sampe gede! Ngerjain ini itu gak ada yang serius.
Chris: Oh gitu… Tapi waktu Chris SMP, mama juga peduli sama nilai Chris, sampai tiap hari tanyain Chris di sekolah dengerin baik-baik gak ibu guru ngajarin apa? 
Mama: Itu mama peduli sama tingkah laku kamu. Seorang anak yang tidak menghargai guru, sama artinya dengan tidak menghargai pengetahuan, jika tidak menghargai pengetahuan, nantinya akan menjadi anak yang tak punya etika.
Chris: Hmnn… Sekarang Chris sudah SMA, mama pasti peduli sama nilai Chris kan? Soalnya kalo nilai Chris gak bagus, nanti gak bisa dapet universitas yang bagus…
Mama: Chris, dengar baik-baik yah, mama gak peduli sama nilai kamu di SMA, yang mama pedulikan adalah kualitas belajar kamu. Tak peduli hasil akhirnya seperti apa, Mama harap kamu bisa menikmati setiap proses belajar yang kamu lewati di sekolah. Hadapilah setiap proses dengan hati yang gembira!
Chris: Kalo gitu nanti waktu Chris kuliah, Mama peduli sama apanya Chris dong? Chris denger dari yang lain, nanti waktu kuliah kita bakal bebas, bisa santai dan main sampai puas!
Mama: Nak, nanti waktu kamu kuliah, Mama pasti peduli sama nilai kamu. Coba kamu pikir, jika kamu dapat tetap bertahan untuk tekun belajar ketika anak-anak lain menyalahgunakan kebebasannya dengan main-main, hasilnya akan terlihat dari nilaimu dan orang yang diuntungkan tak lain tak bukan adalah dirimu sendiri!
Chris: Sekarang Chris ngerti ma..
Mama: Kamu tau gak apa harapan mama ketika kamu sudah lulus kuliah nanti? Mama harap kamu dapat dengan bijak menentukan pilihan, baik dalam memilih pekerjaan maupun cinta karena dua hal inilah yang paling banyak mempengaruhi hidupmu kedepannya.
Chris: Yah elah ma, SMA aja belom lulus, mikirnya udah jauh gitu!
Mama: Hahaha… ya ga apa-apa, kamu pikir pelan-pelan aja. Mama cuma kasih tau aja, karena pilihan-pilihan kamu saat ini akan menentukan kamu di masa depan. Inget gak, 10 tahun lalu kamu nangis sampai guling-guling minta main komputer tapi tetep gak mama kasih? Coba lihat kamu yang sekarang, kalo dibandingin sama anak-anak seumurmu yang lain, kamu termasuk anak yang sangat tenang dan gak grasak-grusuk. 10 tahun lalu mama masih bisa paksa kamu ikutin pilihan mama, namun 10 tahun kedepan kamu akan menentukan pilihan sendiri, mama harap hingga saat itu tiba kamu siap untuk menentukan pilihan dengan bijak. Tuh kan jadi panjang… Udah ampir jem 12, buruan tidur nak!
Chris: (lari memeluk mamanya) Makasih yah ma, abis ngobrol sama mama rasanya legaaaaa! Good night ma!
Mama: Good night sweetheart!
Sobat Cerpen, orang tua berperan penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Jangan pernah sepelekan apa yang kamu lakukan saat ini karena hasilnya akan kamu rasakan di masa mendatang!
Sumber: Pixp